Kanker Serviks

Posted by

Kanker serviks merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Berdasarkan data yang ada dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks adalah sepertiganya. Dan dari data WHO tercatat setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks dan merupakan jenis penyakit yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita di dunia.



Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita , tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke rahim yaitu bagian sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.



Kanker Serviks atau yang sering disebut Kanker Leher Rahim merupakan kanker ganas yang  terbentuk pada jaringan serviks (organ yang menghubungkan uterus dan vagina). Kanker Serviks adalah sejenis kanker yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) yang menyerang leher rahim. Kanker ini dapat berupa pendarahan pada vagina, tetapi gejala kanker ini tidak terlihat hingga kanker memasuki stadium yang lebih jauh.


Penyebab Kanker Serviks

Human Papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab dari kanker serviks. Sedangkan penyebab dari kematian pada banyak wanita adalah virus HPV tipe 16 dan tipe 18. Virus ini juga sangat mudah berpindah dan menyebar , tidak hanya melalui cairan tapi juga melalui sentuhan kulit. Selain itu juga penggunaan WC umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit sesoreng jika tidak membersihkannya dengan baik.

Selain itu juga kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin C dan vitamin E serta kurangnya asupan asam folat. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti-ganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini ( dibawah usia 16 tahun ) yang beresiko 2 kali terkenan kanker serviks. Faktor lain penyebab kanker serviks adalah penggunaan Pil KB pada jangka waktu yang sangat lama dan terlalu sering melahirkan.


Gejala Kanker Serviks 

Kanker serviks tahap dini tidak menunjukkan gejala. Namun kita harus waspada jika menemui gejala sebagai berikut :

  • Pendarahan vagina
  • Sakit punggung
  • Sakit saat buang air kecil dan air seni keruh
  • Konstipasi kronis dan perasaan kembung walau perut dalam keadaan kosong
  • Rasa nyeri saat berhubungan seks dan keputihan
  • Salah satu kaki bengkak
  • Kebocoran urin atau feses dari vagina


Ciri - ciri Perempuan Penderita Kanker Serviks

Kanker Serviks membutuhkan waktu yang sangat panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya adalah sebuah infeksi. Oleh karena itu saat tahap awal perkembangannya akan sangat sulit dideteksi. Oleh karena itu para perempuan yang disarankan melakukan pop smear.


ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  1. Merasakan sakit saat berhubungan intim bahkan diikuti pendarahan
  2. Mengalami keputihan yang tidak normal disertai pendarahan dan jumlahnya berlebih.
  3. Mengalami sakit saat buang air kecil.
  4. Pada saat menstruasi darah yang keluar dalam jumlah banyak dan berlebih.
  5. Saat perempuan mengalami stadium lanjut akan mengalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami bengkak , nafsu makan menjadi sangat berkurang , berat badan tidak stabil , susah untuk buang air kecil , mengalami pendarahan spontan. 



Oleh karena itu cegah Kanker serviks sedini mungkin sebelum terlambat...





Produk Nasa Palsu
Blog, Updated at: 02.23

0 komentar:

Posting Komentar